Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Istilah Radiologi

  1. Infiltrat: gambaran densitas paru yang abnormal yang umumnya berbentuk bercak-bercak atau titik-titik kecil dengan densitas sedang dan batas tidak tegas. Merupakan gambaran suatu proses aktif paru.
  2. Fibrosis: jaringan parut dengan gambaran umumnya berbentuk garis atau pita dengan batas yang tegas dan densitas yang tinggi. Merupakan gambaran suatu proses lama dari peradangan pada paru.
  3. Kalsifikasi : deposit kalsium/kapur yang pada foto toraks memiliki gambaran bercak atau titik dengan densitas yang tinggi menyerupai jaringan tulang, merupakan pertanda dari proses lama pada paru.
  4. Bullae: Suatu kantong berdinding tipis yang berisi udara, umumnya disebabkan oleh destruksi alveolus kemudian terisi oleh udara. Bullae biasanya terletak dekat dengan pleura/di perifer paru. Gambaranya adalah area avaskuler berbentuk bulat dan berdinding tipis.
  5. Kista : Suatu rongga yang spheris, berdinding tipis nongranulomatous, berisi udara, cairan atau semifluid material.
  6. Kavitas: Bentuk rongga udara yang lain dalam paru. Istilah ini biasanya diperuntukkan bagi rongga yang terbentuk akibat nekrosis jaringan, tidak seperti bulla. Dinding yang tebal dan tidak teratur merupakan gambaran yang membedakannya dengan bulla atau bleb.
  7. Abses: Suatu rongga yang dibatasi jaringan granulasi yang didalamnya terdapat pus. Gambarannya berupa kavitas dengan air fluid level berdingding tebal dengan area konsolidasi disekitarnya.
  8. Tuberkuloma : merupakan sarang-sarang perkijuan (caseosa) berbentuk bulat/nodul dengan diameter 0,5-4 cm yang terjadi pada TB paru post primer.
  9. Pleural effusion: cairan yang berlebih diantara kedua pleura yaitu pleura visceralis dan parietalis, dapat disebabkan oleh infeksi, tumor atau kelainan sistemuk. Gambarannya adalah konsolidasi homogen di struktur paru bawah dengan meniscus sign, berjalan dari lateral atas menuju ke medial bawah, disebut juga dengan elis line.
  10. Pneumotoraks: Terkumpulnya udara dalam rongga pleura, yang memberikan gambaran berupa area hiperlusen avaskuler di daerah perifer paru. Jika luas akan memberikan efek pendorongan terhadap paru (menjadi kolaps), dan pendorongan mediastinum.
  11. Swarte : penebalan pleura akibat penyakit pleura yang kronis (pleuritis atau pneumotoraks berulang) sehingga terjadi penimbunan jaringan ikat dan kalsifikasi.
  12. Tumor paru: Pertumbuhan abnormal dari jaringan paru yang memberikan gambaran berupa konsolidasi. Pada massa yang ganas memberikan konsolidasi dengan batas tidak tegas dan tidak teratur dan dapat menyebabkan emfisema setempat, atelektasis, peradangan atau efusi pleura. Pada massa jinak gambaran berupa konsolidasi homogen berbatas tegas.
  13. Tumor mediastinum : tumor yang terdapat di mediastinum, misalnya tiroid,kista bronkogenik, limfoma dan teratoma. Gambarannya berupa konsolidasi di mediastinum atau mediastinum yang melebar, membentuk sudut yang lancip.
  14. Emfisema : suatu keadaan, dimana paru lebih banyak berisi udara sehingga ukuran paru bertambah, baik anterior-posterior maupun vertikal ke arah diafragma. Gambaran paru menjadi lebih radiolusen, bentuk torak seringkali menjadi kifosis, diafragma letak rendah dengan diafragma mendatar dan sela iga melebar.
  15. Kardiomegali : pembesaran jantung yang ditandai dengan CTR (membandingkan lebar jantung dan lebar dada pada foto thoraks PA) lebih dari 50% pada posisi PA.
  16. Elongasi Aorta : seringkali didapatkan pada orang tua, aorta (aorta asenden, arkus aorta dan aorta desenden) memanjang, kadang-kadang disertai pelebaran aorta. Aorta asenden menjadi batas jantung sisi kanan atas, agak konvek, arkus menjadi lebih menonjol, dapat diukur jarak antara arkus aorta dengan pertengahan klavikula yang kurang dari 2 cm.
  17. Dilatasi Aorta : gambaran aorta yang melebar, aorta melebar lebih dari 4 cm dihitung dari procc. spinosus vertebra torakal setinggi arcus aorta.
  18. Kalsifikasi Aorta : gambaran bintik-bintik perkapuran pada proyeksi aorta.
  19. Edema Paru : pembengkakan paru akibat tingginya aliran darah paru. Gambaran corakan bronkovaskular yang meningkat sampai kranialisasi, penebalan dinding interlobular dan cuffing peribronkial.
  20. Bronkiektasis : dilatasi bronkus, terjadi karena adanya obstruksi dan peradangan yang kronis. Gambarannya berupa lesi kistik atau cincin-cincin ektasis multipel seperti sarang tawon yang umumnya terdapat dilapangan bawah paru, atau gambaran garis-garis translusen yang panjang menuju ke hilus dengan bayangan konsolidasi disekitarnya.
  21. Atelektasis : kolaps paru, gambaran udara/lusensi pada jaringan paru berkurang, dapat terjadi karena sumbatan bronkus oleh karena tumor maupun kelenjar parahiler yang membesar. Gambaran radiologis berupa konsolidasi homogen (densitas tinggi), dengan penarikan mediastinum ke arah jaringan kolaps, diafragma tertarik keatas dan sela iga menyempit.
  22. Pneumonia : merupakan peradangan infeksi non spesifik, gambaran radiologis berupa konsolidasi dapat sebagian atau seluruh paru.
  23. TB paru : infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis pada paru. Dapat dibagi 2, primer dan postprimer.
TB primer, terjadi umumnya pada anak yaitu fokus ghon dan penebalan hilus dan pelebaran mediastinum, disebut dengan kompleks primer. TB post primer umumnya terjadi pada orang dewasa, gambaran lesi polimorfik, dapat berupa kavitas, tuberkuloma, infiltrat, fibrosis dan kalsifikasi. Lokasi terutama di lobus atas paru dan segmen apikal lobus bawah paru.
  1. TB milier : penyebaran hematogen dari TB dengan gambaran bercak halus multiple berukuran 2-3 mm di seluruh paru.
  2. Metastasis paru : adalah penyebaran tumor di paru dari tumor primer di tempat lain. Gambaran bermacam-macam, dapat berupa nodul multipel, konsolidasi menyerupai pneumonia, golf ball, lymphangitic spread atau efusi pleura.
  3. Pleuropneumonia : proses peradangan pada pleura dan jaringan paru, ditandai opasitas di mana diafragma menjadi kabur serta gambaran kalsifikasi dari pleura atau penebalan pleura.
  4. Inspirasi maksimal : mencakup sampai tulang iga anterior ke-6 dan tulang iga posterior ke-9.
  5. Bentuk iga depan lebih tinggi di sebelah lateral dari pada medial, sehingga iga-iga kiri kanan yang sama nomornya kira-kira membentuk huruf V. Iga posterior lebih tinggi di sebelah medial dari pada disebelah lateral, sehingga iga-iga kiri kanan yang sama nomornya kira-kira membentuk huruf A.
  6. Hidropneumothoraks : adanya cairan dan udara pada rongga pleura. Pada posisi PA dan tegak tampak gambaran air fluid level pada rongga pleura dengan sinus kostoprenikus yang terisi tanpa corakan bronkovaskular, sudut kostofrenikus tumpul, tidak ada elis line. kadang terdapat pendorongan paru ke arah kontralateral.
  7. Persistent Thymus : merupakan thymus yang menetap hingga dewasa, yang normalnya mengecil pada usia dua sampai delapan tahun. Gambaran berupa pembesaran dari mediastinum superior yang berbentuk seperti layar atau sayap malaikat. #sumber:http://karikaturijo.blogspot.co.id
Pulau Mubut adalah pulau yang terletak setelah Jembatan 4 Barelang, untuk sampai ke pulau ini kita harus menyeberang melalui pelabuhan Sembulang. 

Waktu tempuh dari Batu Aji hingga Pelabuhan Sembulang kami perkirakan sekitar 1,5 jam, itu kalau laju mobilnya santai. Kami berangkat jam 10.30 dan tiba di pelabuhan sekitar jam 12.00. Kemudian menyebarang dengan pompong sekitar 10 menit sampai ke pulau mubut darat. Sebenarnya pulau mubut ini terdiri dari 2 pulau, Pulau Mubut Darat dan Pulau Mubut Laut, nah Pulau Mubut Darat ini lah yang menjadi objek wisata, sementara Pulau Mubut Laut seberang dari Mubut darat adalah pemukiman warga yang mengelola Pulau Mubut Darat. Menurut salah satu warga yang mengelola pulau, banyak dari pihak luar negeri yang berminat mengadopsi pulai ini, untungnya sih warga tidak bersedia meski dibayar berapapun. Sepakat, karena seperti kebanyakan objek wisata di batam rata-rata sudah dibangun resort, dll, sehingga esensi sebagai objek wisata dari pulau itu sendiri pelan-pelan menghilang, halah ngomong apa sih saya haha, pokoknya gitu deh, baiknya pulau ini tetap dikelola oleh warga setempat, selain dijadikan objek wisata bisa jadi aset mata pencarian untuk warga di pulau.


Meskipun dadakan, camping kita tetap seru dan asyik. Perjalanan ke Pulau Mubut adalah keempat kalinya, setelah menjelajahi Pulau Putri, Bintan, Palm Spring, dan Pantai Viovio. 
Ternyata semua ide jalan-jalan kami berawal dari ide dadakan, hari ini planning besok berangkat. Hehehe maklum karena jadwal koas yang tidak bisa diprediksi. Awalnya sih nggak mau nginap, karena betah banget lho di pulau ini, adem dan bersih, akhirnya kami memutuskan untuk menginap. Kapan lagi ya kan mumpung ada waktu liburan. Khususnya saya yang membawa misi "memotret senja" wkwkwk

Persiapan utama camping di pulau adalah MAKANAN.

Kenapa? karena di sana kalian gak akan menemukan warung sate, bakso, apalagi nasi padang. Jadi, kami membawa bekal nasi padang karena kalorinya lebih banyak, waktu pembakaran kalorinya lebih lama, selain itu cemilan ciki-ciki, dan air minum 4 botol besar (ternyata gak cukup untuk 6 orang hiks akhirnya kami minum air pulau aja), karena gak berencana buat camping jadi bawa persiapan untuk sehari doank, nah pelajaran nih buat kalian yang mau camping, prepared banget nih makanan, karena urusan perut bukan main-main guys,

Ini list makanan yang mesti dibawa kalau kamu mau camping ke pulau. 
1. Mie Instan (bisa popmie, kalau kalian gak bawa tempat makan, dan gak mau ribet)
2. Telur (yang udah direbus)
3. Barbeque (Sosis, Jagung, Daging, Ayam). 
4. Beras, karena disana ada listrik dan setiap pondok penginapan ada colokan, jadi bisa buat masak pake ricecooker, ribet tapi dijamin kalian gak akan kelaparan seperti kami.  
5. Air minum (galon kalo kalian sanggup bawa, atau aqua gelas satu dus).

Sebenarnya di pulau ini ada yang jualan, tapi mahal banget satu popmie seharga 10 ribu dan air mineral sedang 5 rb, pengalaman kami yang serba dadakan ini akhirnya makan malamnya popmie, paginya pun juga popmie, please jangan ngikutin camping dadakan kami ya, hahaha kalau kalian gak terbiasa kelaparan #koasudahbiasakelaparan, kalau mau camping persiapkanlah dengan sungguh-sungguh, seperti tetangga kami yang begitu baik (cowok-cowok kece tapi gak pelit berbagi makanan ahaha) berbagi sosis dan jagung bakar kepada kami. Mereka sepertinya sudah terbiasa camping, melihat persiapan mereka dibanding kami para pempuan tangguh yang sanggup nahan lapar karena camping dadakan, wkwkwk.



Persiapan Kedua camping adalah PAKAIAN

Kalau item yang ini pasti semua bakal bawa karena tujuan ke pantai mau berenang, kecuali cuma celupin jempol kaki doank, gak perlu bawa baju ganti. Jangan lupa bawa selimut/kain/sarung, karena disana dingin banget, terutama kamu yang pengen tidur di luar pondokan, bisa sampe menggigil saking dinginya. Pengalaman saya dan perempuan tangguh yang sudah bersedia menemani saya menunggu bintang jatuh, hahaa kami tidur di luar pondok gak pake tenda, hanya beralaskan karpet dan sehelai kain, saat subuh doi menggigil saking dinginnya. Please jangan ditiru. ><

Oh iya, untuk alas di pondok sudah ada karpet plastik. kalau kalian gak mau ribet bawa karpet (untuk duduk/tidur di bibir pantai), kalian bisa menyewa dengan harga 20ribuan gitu kata do'i yang lupa bayar sewanya. wkwkwk ba'a tu bu? beko ditagih sama urang pulau. Sepertiny kami harus kembali ke sana suatu hari nanti, Maaf ya Ibu yang punya karpet, InsyaAllah kami akan kembali dengan waktu yang tidak bisa ditentukan. Doakan koas kami lancar, dan berakhir dengan bahagia sehingga kami merayakannya dengan camping dengan persiapan matang. lho, kok malah minta doa ><





 

Kali ini saya akan menceritakan suatu kejadian yang karenanya saya menyadari satu hal, bahwa segala sesuatunya asal kamu yakin sama Allah semua akan baik-baik saja. Yup, kamu yakin gak sama Allah? Lebih yakin dari terbitnya matahari?
 
Semoga perempuan ini selalu bisa mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang Allah takdirkan menemani perjalanannya. Semoga perempuan ini ridho atas segala ketetapanNya.

Kesibukan sebagai dokter muda tahun pertama di salah satu Rumah sakit daerah kota batam, membuat saya harus mengorbankan rasa rindu terhadap kampung halaman tercinta, sebab Satu tahun pertama menjalani koas, momen lebaran tahun lalu bertepatan dengan Jadwal stase jaga malam. Saya masih ingat malam pertama menjemput hari kemenangan, saya lalui bersama pasien yang saat itu masih harus menjalani perawatan intensif pasca operasi bedah thorax/dada. 

Alhamdulillah ‘alaa kulli haal, tahun kedua  saya berkesempatan pulang ke rumah, rumah orangtua saya. Rumah yang paling saya rindukan kesunyiannya, kedinganannya, rumah yang telah melahirkan cita-cita saya.
Saat itu saya sedang menjalani stase forensik, stase surga bagi para koas. Karena dengan stase ini saya bisa pulang ke kampung halaman. Terimakasih dokter supervisor kami yang begitu baik dan sangat pengertian meliburkan kami lebih awal dari stase lain. Hehe, ini semacam bonus karena tahun lalu nggak bisa pulang.
Saya sudah memesan tiket untuk tanggal 21 Juni 2017. 

Malam sebelum keberangkatan. Saya dan tim forensik beserta supervisor kami mengadakan buka bersama di salah satu café, ini agenda tahunan yang pasti akan dilakukan para koas kepada supervisornya.

Pagi, 21 Juni 2017. 
Kegirangan saya terhadap kepulangan kali ini benar-benar sudah diatas ambang normal. Saking senangnya, saya lupa satu hal. DOMPET. Saya telah kehilangan dompet yang isinya,KTP, STNK, KTM, uang tunai dan struk belanja sebulan. Saya baru menyadarinya Pagi itu setelah memastikan semua barang sudah dikemas rapi. Mulailah saya galau, uring-uringan mencari di bawah bantal, di koper, dilemari, ditangga, pokoknya saya bongkar lagi koper dan kardus.  Nihil. Saya tidak menemukan dompet mungil berwarna hitam itu di kamar kos.
Saat itu saya teringat satu nasehat,

Bahagialah secukupnya, bersedihlah secukupnya, karena kesenangan dan kesedihan adalah bentuk ujian dari Allah.

Mungkin Allah sedang menguji saya berupa kesenangan yang selama ini saya inginkan, saya terlampau senang dan bahagia bisa pulang. Saya lupa, bahwa semua karena izin Allah.

“Innaa Lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, Allahumma‘ajurni fii mushiibatii wa akhlif lii khairan minhaa”

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami akan kembali. Ya Allah, berikanlah aku pahala dalam musibah ini dan gantilah untukku yang lebih baik daripadanya.(HR. Muslim:2/632)

Bukan karena kehilangan uang saya segalau ini, tapi gimana caranya bisa cek in pesawat kalau KTP saja nggak ada? Pikiran saya saat itu Cuma satu, Gimana caranya pulang tanpa kartu identitas?
Saya menghubungi kerabat yang bekerja di Bandara, siapa tahu bisa lolos cek in dan boarding pass tanpa KTP. Ternyata harus ada identitas, atau paling tidak surat keterangan hilang dari kepolisian.
Saya izin untuk tidak masuk diskusi demi mengurus surat kehilangan. Awalnya saya ke Bank BNI, untuk menarik uang yang ada di tabungan, karena tabungan saya adalah taplus mahasiswa jadi harus ada surat kehilangan dan surat aktif mahasiswa. Kegalauan saya bertambah, untuk mengurus surat aktif butuh waktu 3 hari, ribet karena harus ditandatangani oleh dekan yang gak standby di ruangan. Sementara saya berangkat sore itu juga, saat itu cuma ada 120ribu cash di tangan.
 Saya sempat nangis di depan mbak customer service.

“Nggak bisa diusahakan ya, Mbak?” tanyaku sambil menyeka pipi.

Tentu jawabannya tidak bisa. Mau sebutuh apapun saya dengan uang ini, tetap aja mbak customer service gak luluh dengan wajah saya yang minta dikasihani, persis anak kecil merengek minta uang sama mamaknya buat beli permen kaki. Begitulah gambarannya, miris? Iya, banget. Saat itu saya benar-benar merasa gak ada yang bisa membantu. Begitu keluar dari Bank, Sambil terus bertanya-tanya sama diri sendiri, kok saya bisa sesedih ini sih? Kenapa juga harus nangis di depan mbaknya?

Come on, sar. Jangan mewek gini ah, kalau memang waktunya kamu harus pulang, kamu pasti pulang, gak peduli semesta ini menggagalkanmu, kalau kata Allah, Kun, maka jadilah, kamu akan pulang.  

Sambil tersedu-sedu dibawah rintik hujan, saya melaju ke kantor polisi, lumayan jauh dari rumah sakit. Ini kali pertama berurusan dengan kantor polisi.

Setibanya di ruangan lobi, hujan turun dengan derasnya.

Allahumma Shoyyiban Naafi’an

Bukankah hujan turun membawa keberkahan? hujan membawa kabar gembira kepada manusia. Berdoalah dikala turun hujan, doa saya saat itu cuma satu. Semoga Allah memberkahi kepulanganku, Bahkan ditengah kehilangan ini, saya yakin Allah ingin memperlihatkan sesuatu untuk saya, bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan.
Saya duduk diantara deretan orang-orang yang ngantri sejak pagi. Lumayan panjang antriannya. Sambil menatap hujan. Satu setengah jam lamanya, saya keluar dari ruangan petak setelah menerima selembar surat kehilangan. Hujan reda. Saya kembali ke rumah sakit.

Be positif think...

All is well. I will be back to home. 

Saat tak ada sepeserpun uang di genggaman. Semuanya hilang seketika. Disaat seperti ini, saya menyerahkan diri kepadaNya. Sungguh, saya ingin sekali pulang. Cuma itu keinginan saya saat ini. Ya Allah, saya ingin pulang. Terus saja hati bergumam, mata yang sejak tadi berusaha menahan cucuran. Teman saya menepuk-nepuk pundak untuk menenangkan,  tapi bukannya lega malah semakin mewek. 


Berbekal surat kehilangan, saya melewati proses boarding pass dengan mulus. Awalnya petugasnya nanya kenapa dan kapan hilang,  tapi sebelum pertanyaan mereka selesai, saya buru-buru masuk ke lobi karena detik-detik terakhir boarding pass. Alhamdulillah. 

Selama perjalanan, saya masih kepikiran dompet hilang atau kececer dimana. Saat kita merasa kehilangan berupa uang atau barang, mungkin saat itulah kita memberikan hak orang lain yang ada pada harta kita. Karena didalam harta kita ada hak orang lain, karen itu kita dianjurkan untuk berzakat, dan sedekah dari hasil usaha kita. Mungkin dengan kehilangan seperti yang saya alami adalah cara Allah memberikan hak oranglain. Dan saya baru menyadarinya setelah kehilangan. Jadi, sedekahkan lah setiap bulannya dari penghasilanmu.

Meskipun atm sudah diblokir, ada ratusan ribu di dompet itu, semoga saja yang menemukannya  bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Satu jam kemudian, saya tiba di bandara Sultan Thaha. Sambil nunggu bagasi, saya termenung, mikirin gimana caranya mengurus kembali berkas untuk pembuatan KTP dll.  Tiba-tiba hp berdering.

Saya gak tau harus bilang apa, tapi setelah melewati kepasrahan, Allah justru berbalik memberikan semuanya, dompet saya ditemukan.

Dan benarlah, kalau kamu yakin sama Allah, berbaik sangka sama Allah, sekejap dia bisa merubah segalanya, melenyapkan seketika, dan sekejap pula mengembalikannya kepadamu dalam bentuk yang sama, atau bentuk yang lain.

Belajar yakin sama Allah, sering-sering menyebutnya dalam hati. Merayunya dalam hati. Allah begitu dekat, bahkan lebih dekat dari urat nadi kita. Dan Allah menurut persangkaan hambanya. Jadi, apapun yang terjadi, tetaplah berprasangka baik padaNya karena menggerutu tidak akan merubah apapun malah bikin semakin rumit.

Yuk, belajar yakin sama Allah SWT.

Ya Rahman, Ya Rahim, Ya Mujib, Ya Malik.



Ara.

Aku sudah tiba pada keputusan.
Sudah kurayu hatiku untuk menerima keputusan ini.
Pindah, mungkin satu-satunya cara agar langkahku tidak berhenti.
Maaf, aku tidak bisa menemanimu selama di kota ini.

Aku hanya heran.
Kenapa takdir begitu sulit mempertemukan kita?
Disaat kamu mengabarkan kepindahanmu ke kota industri ini. Aku justru merencanakan untuk pergi dari sini.

Ara.

Kau tahu bagaimana asa telah membawaku sampai ke sini.  Tidak tau lagi harus bagaimana, Asa jua lah yang membawaku pada kota selanjutnya. Aku sangat berharap bisa menyelesaikan studi di kota ini, tapi nyatanya Tuhan ingin agar aku lebih banyak lagi belajar tentang hidup di kota selanjutnya. Ini seperti kejutan dari Tuhan. Aku yakin Tuhan yang memilihkan tempat terbaik. Dan lagi, pergi sendirian.  Selalu saja sendirian, saat pertama kali ke kota ini, aku juga pergi sendirian, kali pertama naik pesawat,  merasakan getaran badan pesawat yang melayang menembus awan. Karena itu kau pernah bilang aku perempuan yang mandiri, yang tidak ingin merepotkan orang lain.

Ara.

Sampai jumpa, semoga takdir mempertemukan kita dengan banyak hal perubahan yang lebih baik dari hari ini. Selamat bekerja ya, semoga sukses. Doakan langkahku tetap kuat di kota selanjutnya. Jaga diri, di kota industri ini, ada banyak hal yang akan membuatmu terkejut, meskipun begitu semoga kamu senang berada di kota ini.


Salam rindu,

Bihu


Batam,  26 september 2017.






Mengenal diri sendiri sebelum orang lain, akan lebih memudahkan dirimu dalam beradaptasi.

Tes kepribadian ini tidak menjadi mutlak bahwa inilah kepribadian kamu, tipe kepribadian yang kamu miliki sebenarnya hanya kamu sendiri yang tahu, dan situs ini membantu kamu mengetahuinya lebih dalam. Sebenarnya ada banyak tipe kepribadian dan tesnya, hanya saja saya lebih mudah memahami tipe kepribadian dari MBTI. Saya juga pernah tes kepribadian selain dari MBTI, pernah mengulas hasilnya disini (klik) ternyata hasilnya kurang lebih sama.

Awal mula mengetahui tes kepribadian ini dari situs seorang penulis yang rutin saya kunjungi, situsnya mas Fahd Pahdepi. Yup, sekitar tahun pertama kuliah saya baru mengetahui bahwa diri saya seorang Introvert. Seorang introvert yang cenderung pendiam dan lebih suka berinteraksi beberapa orang daripada banyak orang. Analoginya seperti saya menyukai sepi dari pada ramai, saya lebih suka pergi sendiri daripada beramai-ramai, pokoknya semua yang dilakukan itu lebih suka sendiri dan tidak melibatkan banyak orang. 

Apa kalian merasakan demikian? itu berarti bahwa kamu seorang introvert.

Awalnya saya berpikir-sebelum menemukan situs ini-seorang introvert itu harus diwaspadai, waktu jaman sekolah saya hanya mendengar kata itu sekilas, dan gambaran saya pada waktu itu bahwa menjadi introvert itu nggak menyenangkan (belum tahu kalau ternyata saya sendiri seorang introvert hehe) , karena dia asyik dengan dunianya sendiri, cuek/apatis, gak peduli dengan kehidupan orang lain. Setelah masuk kuliah, dan mulai baca buku pengembangan diri/psikolog (maklum mantan calon mahasiswa psikolog yang beralih jadi mahasiswa kedokteran) ternyata menjadi introvert itu gak semonoton itu hidupnya, gak secuek yang saya pikir, meskipun beberapa ada yang memang cuek, tapi ada juga yang bisa menyeimbangkan dirinya sekalipun dia punya kepribadian introvert. Saya mengakui kalau selama sekolah memang gak punya teman dekat, sampai sekarang sih gitu juga, istilah gaulnya gak punya geng nongkrong heheh, karena saya merasa bisa melakukan semuanya sendiri, bisa senang-senang dan jalan-jalan sendiri, tapi saya punya banyak teman, yah teman kalau ada butuh baru muncul, gak semuany sih. Nah, setelah masuk kuliah, dan mulai baca buku, serta coba-coba tes kepribadian, ternyata ada kok seorang introvert yang memanfaatkan kepribadiannya bukan hanya untuk dirinya, contohnya JK Rowling, siapa sih yang gak tahu penulis kelas dunia, kalau kalian gak tahu wah sepertinya kamu yang introvert ahhaha, kalau Harry Potter pasti pada tahu kan? Nah, JK Rowling ini penulis buku Harry Potter yang terkenal novel fiksi best seller di dunia. JK. Rowling memanfaatkan kepribadian introvert nya untuk menulis buku, Nah satu lagi tokoh dunia C.S Lewis adalah penulis dan pakar sastra dari Inggris, dia adalah penulis buku fantasi anak, bukunya yang mendunia berjudul The Chronicles Of Narnia, kalau kamu suka baca buku fantasi pasti kamu mengenal kedua penulis ini. Yup, dan mereka adalah seorang Introvert. Hmm, apa iya seorang introvert itu cocoknya jadi penulis ya? Karena saya juga menyukai dunia buku dan literasi, dan sudah menulis 17 buku antologi, semoga kelak karya saya bisa mendunia juga seperti mereka. Doakan ya... 

Nah, satu hal yang paling saya rasakan menjadi introvert adalah saya menyadari bahwa, ada saat dimana saya harus cuek dan saat saya bisa berempati pada satu hal. Selama berada di bangku kuliah, ternyata semakin kesini semakin membentuk pola pikir saya, sedikit demi sedikit merubah mindset saya tentang lingkungan, tentang kapan saya peduli dan kapan saya harus cuek (gak kepo). Jadi, sebenarnya apapun tipe kepribadian kamu, baik introvert ataupun ekstrovert semua kembali kepada bagaimana kamu bisa survive dengan kondisimu sendiri, karena kita memiliki ruang pribadi yang tentu tidak ingin orang lain tahu, seorang ektrovert juga memiliki sisi dalam dirinya introvert yang tidak ingin diketahui orang lain, atau ada saat dimana dia ingin sendiri. Begitu juga introvert, dia memiliki sisi dalam dirinya ingin berinteraksi banyak orang, seperti mengikuti kegiatan sosial, karena saya menyadarinya sekarang, saya seorang introvert, ada saat dimana saya butuh "me time" saya hanya ingin sendiri dan cuek dengan apapun yang orang bilang tentang saya, di sisi lain saya juga aktif di kegiatan sosial, semasa kuliah aktif mengikuti organisasi di dalam maupun di luar kampus, meskipun kesibukan menjadi mahasiswa kedokteran, itu tidak menghalangi saya untuk mengetahui lebih dari apa yang saya dapat di bangku kedokteran. 

Menurut para psikolog, tipe kepribadian bukan hanya Introvert dan Ekstrovert, tapi ada juga Ambivert. Seseorang dengan tipe kepribadian ambivert adalah mereka yang memiliki ciri-ciri ekstrovert dan introvert. Mereka yang tergolong ambivert disebut-sebut lebih baik dalam memahami emosi orang lain karena gabungan sifat terbuka dan tertutup tadi.

Tapi entah kenapa saya merasa cenderung ke Introvert. Hehe,

Menjadi introvert menyadarkan bahwa saya tidak diciptakan untuk hidup sendiri. 
Menjadi introvert menyadarkan kapan saya harus cuek dan kapan saya peduli, karena hidup itu harus seimbang, selain peduli pada orang lain, kamu juga harus peduli pada dirimu sendiri.

Nah, berikut sekilas tentang Introvert menurut MBTI, kalau kamu mau tes kepribadian bisa googling dengn keyword Tes Kepribadian MBTI Bahasa Indonesia.

Ini adalah hasil tes kepribadian saya, gak semuanya benar sih tapi ini menjadi bahan koreksian untuk saya pribadi. hehe

INFP (Introversion, Intuition, Feeling, Perception) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan INFP kedalam Temperamen Idealist , diperkirakan populasi INFP didunia yakni antara 4–5% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Idealists merupakan jenis pribadi abstrak dan penyayang. Mencari arti dan makna, mereka peduli dengan pertumbuhan pribadi dan menemukan identitas unik mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah diplomasi. Mereka unggul dalam mengklarifikasi, individualistis, pemersatu, dan inspirasi.
Dimensi MBTI dalam Kepribadian INFP
  • I – Introversion: cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri.
  • N – Intuition: cenderung lebih abstrak. Mereka fokus pada gambaran besar daripada detail, dan kemungkinan masa depan daripada realitas yang ada.
  • F – Feeling: cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Umumnya mereka sering lebih mengutamakan implikasi sosial daripada logika.
  • P – Perception: Cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan, lebih memilih untuk “menjaga pilihan mereka tetap terbuka” sehingga dapat berubah sesuai kondisi.
Ciri-Ciri Umum INFP
Para INFP umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Sangat memegang prinsip.
  • Hangat, tertarik pada hubungan dengan orang lain.
  • Berorientasi pada pelayanan, biasanya menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri.
  • Loyal dan biasanya mengabdikan diri untuk orang lain.
  • Berorientasi ke masa depan.
  • Berorientasi pada pertumbuhan; selalu ingin berkembang ke arah yang positif.
  • Kreatif dan inspiratif.
  • Fleksibel dan santai, kecuali prinsip mereka dilanggar.
  • Sensitif dan kompleks
  • Tidak suka berurusan dengan rincian dan rutinitas kerja.
  • Original dan individualistis; “Keluar dari zona mainstream”
  • Kemampuan komunikasi tertulis yang baik.
  • Lebih suka bekerja sendiri, dan mungkin memiliki masalah dalam bekerja pada tim.
  • Menghargai kedalaman dan keautentikan hubungan.
  • Ingin dilihat dan dihargai karena siapa mereka.
Dibawah ini adalah beberapa karier yang disarankan bagi para INFP, ini bukan daftar secara keseluruhan jadi anda tetap dapat memilih berbagai pekerjaan lain yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadian anda. Dan tentu saja ini hanya berupa saran yang tidak menjamin sepenuhnya bahwa memilih pekerjaan diantara apa yang kami sajikan akan membawa anda pada karier terbaik, karena terdapat berbagai faktor lain yang mungkin akan berpengaruh terhadap keberhasilan anda (seperti kerja keras, sikap real anda, keadaan tempat pekerjaan anda, dan yang lainnya)
  • Penulis
  • Penasihat / Pekerja Sosial
  • Guru/Profesor
  • Psikolog
  • Psikiater
  • Pekerja Keagamaan

 sumber: http://www.si-pedia.com/2013/12/tipe-kepribadian-infp.html


Saya juga pernah tes kepribadian dengan DMI (Dermathology Multiple Intelligence), tes ini dilaksanakan waktu saya mengikuti bimbel di Primagama, weh saya anak primagama, kamu anak sebelah ya? haha. Gak semua siswa diwajibkan, tapi karena waktu  itu merasa butuh petunjuk jadilah awak ikut tes ini kan, ujungnya-ujung bapak gak percaya dengan hasilnya, hehehe, tapi setelah dibaca hasilnya dalam bundelan buku gitu sekitar duabelas halaman, ada yang sesuai ada juga yang gak sesuai. Tes ini belum banyak yang tahu, dan sekarang ada mahasiswa indon di Jerman sedang melakukan penelitian dan pengembangan tentang tes DMI ini, semoga sukses penelitiannya kakak. :)

Jadi DMI ini adalah tes untuk mengetahui bakat dan potensi kita melalui sidik jari. Multiple Intelligence itu terdiri dari AQ (Aversity Quotient: Bodly Kinaesthetic Natulalist), CQ (Daya Cipta Quotient-Visual Spatial Musical), IQ (Inttelligence Quotient-Logical Mathematics Linguistic), dan EQ (Emotional Quotient-Intrapersonal Interpersonal).

Nah, dari hasil tes DMI ternyata yang paling menonjol dari diri saya dalah EQ (Emotional Quotient) dilihat dari distribusi kecerdasan majemuk, komponen Intrapersonal dan Interpersonal memiliki presentasi yang tinggi dibanding komponen yang lain.

Waktu itu cuma ngeliat satu hal doank, saya cocok gak ya jadi dokter, hahaah, ternyata dipilihan karir, cocoknya jadi psikolog atau psikiater. 


------------------------------------

Sekian dulu ya sharing tentang Tipe Kepribadian, tentu semua tes ini hanya sebagai alat untuk mengetahui kepribadian kita seperti apa, tidak menjadi patokan bahwa seorang introvert pasti hidupnya monoton, dan ekstrovert pasti hidupnya menarik, semuanya kembali pada pemahaman atas diri kita masing-masing, karena proses pendidikan, lingkungan, dan pengalaman yang kita miliki.  


 
Semakin hari sepertinya semakin sulit bagimu. Tapi jangan menyerah.
-Ara

Senja ketujuhbelas tidak tampak di langit kotaku. Langit kesepian. Matahari telah beringsut menepi, tanpa jingga, ia pergi tanpa menitipkan pesan kepada langit untuk senja yang tertinggal di kelopak matamu.
Ara, kau bilang hidup di Jakarta itu keras. Dan ini pertama kalinya kau menyusuri jalan malam di jantung Ibukota. Kau bilang, lelah hidup dengan garis lurus, lalu kau akhirnya menyesap minuman yang membuat kepalamu puyeng sekejap setelah kau meneguknya lima kali. Bukankah kau berjanji padaku? Tidak akan menyentuh barang itu sekacau apapun masalah membelit pikiranmu.
Untuk janji yang selalu kau ingkari, aku bisa menerimanya. Tapi kali ini, kau seperti bukan Ara.
Kau marah padaku karena tidak pernah memberimu kabar sejak pertemuan sepekan lalu, yang hanya meneguk secangkir minuman bersoda tanpa sepatah kata pun. Kau tidak pernah menginginkan pertemuan malam itu, karena kau merasa tidak akan ada pertemuan selanjutnya.
Kau benar, Ara. Pertemuan selanjutnya tidak akan terjadi jika kamu tidak menginginkannya. Lalu mengapa kau memberikan harapan melalui pertemuan pertama kita malam itu? Mengapa kita ditakdirkan bertemu malam itu?

Aku hendak mengabarimu bahwa aku akan pindah kota. Tinggal di lingkungan baru, yang bisa ditempuh jalur darat menuju jalan Ibukota. 

Ara, aku yakin kau tidak pernah lupa jalan pulang. Bukankah kau menulisnya setiap hari?


Rumah adalah harapan, tinggallah di sana, kau akan aman.  
-Almira


#dalam draft  "Kepulangan" 


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate