Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Bahasa Baku



By  Sarni Kurniati     4/05/2011 04:10:00 AM    Labels: 

Bahasa baku adalah bahasa yang penulisannya sesuai dengan EYD.

Nah, ada perbedaan mendasar antara bahasa baku dalam cerpen, puisi, dan novel (fiksi) dengan karya jurnalistik, artikel, esai (karya tulis populer), skripsi, jurnal, tesis dll (karya tulis ilmiah).

Perbedaan itu sesuai dengan konteks (bentuknya, fiksi atau nonfiksi) dan konten (isinya, ada yang lugas (fiksi dan karya tulis populer) atau metodologis/sistematis (karya tulis ilmiah)

Contoh bahasa baku dalam cerpen:
Aku menangis. Terisak. Dia menuangkan kopi pahit di hatiku. (walau cuma 1 kata, asal sesuai EYD adalah sah dalam cerpen)

Contoh bahasa tidak baku dalam cerpen:
Aku nangis. ngisak sejadi-jadinya. Dia nuangin kopi pahit di hati gue. (bahasa gaul bukan bahasa baku)

Contoh bahasa baku jurnalistik.
Korban ditemukan tak bernyawa. Polisi memasang police line. Serpihan informasi terus dikumpulkan dari TKP oleh tim forensik.

Contoh bahasa baku karya tulis ilmiah.
Pengamatan ini menggunakan deskripsi perbandingan. Data yang diperoleh dari hasil survei diolah terlebih dahulu dengan perangkat SPSS. Kemudian akan dijabarkan secera deskripsi tentang semua fenomena yang didapatkan di lapangan. dst.

Nah, kamu bisa bandingkan antara bentuk bahasa baku cerpen, jurnalistik (berita) dan karya tulis ilmiah. Sangat jelas sekali perbedaannya.

About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate