Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Tips Menghadapi Sidang Proposal Skripsi



By  Sarni Kurniati     11/26/2015 08:43:00 PM    Labels: 
Tips menghadapi sidang proposal versi @SakuraSarni...




1. Pertama kali dan yang paling utama, membuang jauh-jauh pikiran bahwa sidang proposal itu sebuah pembantaian (kejam sekalii... ), biarlah dibantai satu jam setelah itu gue bebas (jurus andalan kita nih kayaknya) iya, badai pasti berlalu


2. Camkan dalam pikiran bahwa sidang itu menyenangkan, sidang itu seperti diskusi, antara penulis dan editor atau penerbit ( anggap saja lah begitu)dan tentu akan ada revisi yang membuat skripsimu lebih baik dan layak untk dibaca. Menurut gue sih, editor lebih kejam dari pembimbing/penguji hehhe


3. Karena menulis adalah hasil dari proses berpikir. Maka sebagai penulis kamu wajib memahami alur dari skripsi mu. Kalau sudah paham, apapun pertanyaan dari penguji akan terjawab dengan enteng. Ini lah modal dari Percaya diri, Heheh ...

4. H-1 sidang, jangan mikir yang macem2 tentg apa yang akan menjadi pertanyaan penguji, jangan cari teori lain yang justru malah bikin bingung, pokoknya pahami lagi apa yg sudah dipahami. Jangn lupa latihan presentasi di depan cermin sampai lancar, kalau perlu sampai slidenya dihapal. satu lagi, mengingatkan pembimbing dan penguji bahwa besok ada jadwal sidang, jangan sampai para petinggi tidak hadir dalam agenda sakral ini.

5. Saat sebelm sidang, persiapkan segalanya dengan baik. Hindari begadang, tidur lebih awal dan bangunlah lebih awal. 2 jam sebelum sidang, semuanya sudah ok, ruangan sidang, laptop, taplak meja, makanan penguji dan pembimbing, dan yang utama adalah hard copy proposal milikmu sudah di atas meja dan cek dirimu sendiri dari ujung kaki sampai ujung rambut (kali aja sebagian tubuhmu ketinggalan di kasur) eiitss, satu lagi, minta restu dari Ortu dan keluarga yang terpenting dari daftar kepentingan diatas.

6. Saat sidang. Berusahalah untuk tetap tenang, iya tenang. Bagaimana caranya? Tersenyum lah , tapi jangan cengengesan . Senyum itu menenangkan, guys. Percayalah, gue udah buktiin, ini kali kedua presentasi Karya tulis, yang membedakan adalah presentasi pertama, gue gak bisa tenang, muka tegang di depan juri, dan ini sangat merugikan, tidak bisa menjawab dengan baik, semua materi lenyap seketika, semuanya seperti gelap. Nah, minggu lalu saat presentasi skripsi, gue berhasil mengendalikan diri, karena apa coba? Karena senyum. Senyum itu mengalirkan energi positif dalam tubuh. Memang tidak mudah melakukannya. Pertama kali keluar dari ruang sidang, satu pertanyaan dalam benak gue. Selama sidang gue senyum gak ya? Muka gue gak tegang kan?

7. Formula Senyum Menenangkan, sidang menyenangkan bisa kalian coba saat sidang. Dan selamat, kita berhasil keep calm di depan penguji. yeaaah...

8. Ingat, setelah sidang proposal, kamu harus segera menyelesaikan revisi.

#‎Badai‬ telah berlalu, tapi angin kencang masih menerpa
#selamat nggarap skrispi. Nggarap skripsi harus semangat 

Batam, 10 November 2015

About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

1 comment:

  1. Babang masi ingat pas bikin skripsi aduh rempong bukan main. bener2 nguras tenaga fikiran lahir bathin. tapi alhamdulillah dapat nilai memuaskan

    ReplyDelete


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate