Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Liburan Akhir Tahun ala Anak Rantau



By  Sarni Kurniati     12/18/2015 11:55:00 PM     
Libur telah tiba...Libur telah tiba...lagi nyanyi nih ceritanya tapi sambil gigit jari.Berharap banget bisa libur bareng keluarga, tapi apalah daya jadi anak perantau demi pulang saat lebaran akhirnya memilih sendiri di pojok kamar. hahaha, but nikmatin aja sih. Sejak memutuskan jadi anak rantau, sudah empat kali pergantian tahun sekalipun belum pernah liburan akhir tahun bersama keluarga. Sebenarnya, ada banyak tugas di sini, mengingat saya sebagai mahasiswi kedokteran tingkat akhir yang tengah mengidap malaskripsi, tentu ini alasan utama memilih untuk tetap di ranah rantau. Tapi bukan berarti sepanjang liburan hanya bergelut dengan skripsi. Liburan dengan rentang waktu yang lumayan panjang bagi saya harus bisa dimanfaatkan, selain mengerjakan skripsi, liburan kali ini harus tetap dijalani meskipun seorang diri. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan. Karena saat ini tidak memungkinkan untuk berlibur keluar kota, mungkin lebih memilih berada di asrama, cuaca hujan juga menjadi faktor malas beraktifitas keluar rumah, apapun bisa dilakukan di rumah, baca buku, ngerjain skripsi, nulis, nonton film, bahkan belanja apapun bisa dilakukan cukup dengan duduk dan nyalakan gadget lalu berselancar ke situs olshop yang dituju. Buat yang ketinggalan Harbolnas (Hari Belanja Nasional) minggu lalu, sekarang  diskon terbesar dihari natal yang memanjakan mata terutama terjangkau dengan isi dompet. Moment seperti ini paling  ditunggu bukan? apalagi mahasiswi seperti saya yang penghasilannya masih nol rupiah, sangat membantu dengan adanya diskon. 

Terkadang diskon membuat kita tidak bisa mengontrol diri, pengennya beli semua. Alhasil, uang belanja untuk keperluan sehari-hari terpangkas, biasanya efeknya pada akhir bulan, makanannya tinggal seduh dan tiriskan alias mie instan, hahaha. Nah, untuk mengatasinya sebenarnya simpel. 

1. List item yang memang sangat kita butuhkan, kalau sekedar pengen ini dan pengen itu, dompet bisa jadi kebobolan. Seperti sekarang saya  memang lagi butuh tas dan jam tangan, dan kalian tahu? selama jadi mahasiswa saya cuma punya satu jam tangan, dan dua tas. Entah kenapa saya bukan tipe perempuan yang kebanyakan mengoleksi barang-barang, kalau ada satu yah cukup, baru timbul niat beli kalau barangnya sudah mulai rusak. hehehe.

2. Sesuaikan dengan budget belanja akhir tahun. Beruntunglah kalian yang sudah memiliki pekerjaan tetap, nah bagi saya yang masih mahasiswi-tingkat akhir-dengan mengandalkan kiriman dari orangtua tentu budget belanja akhir tahun pun tidak begitu banyak, ya setidaknya ada sesuatu yang baru untuk mengawali tahun yang baru, katanya biar keliatan kekinian, yang penting gak berlebihan dan memang penting bagi saya. :)

3. Biasanya hal ini sering terjadi saat kita sedang asyik milih-milih item, tahu-tahu keranjang belanja udah penuh, nah coba deh disentuh lagi, kira-kira sepatunya nanti sering dipake gak? nyaman dipake? atau ternyata cuma mejeng cantik di rak sepatu, kan sayang banget. 

Bukan hanya jadi pasien yang bijak, kita juga harus menjadi pembeli yang bijak :) 

karena setelah diskon berakhir, masih banyak kebutuhan kita selanjutnya yang harus dipenuhi. Masih pengen bobo cantik kan setelah belanja diskon? Jadilah pembeli yang bijak :)

selamat berlibur bagi yang liburan

selamat skripsi bagi mahasiwi tingkat akhir 

selamat menampung rindu bagi anak rantau.



Batam, 19 Desember 2015.






 



About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

No comments:

Post a Comment


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate