Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

[SUNDAY BOOK REVIEW] Makin Berumur, Makin Brilian



By  Sarni Kurniati     1/16/2016 09:14:00 PM    Labels: 


Judul Buku: Otak Ideal: Makin Berumur, Makin Brilian
Penulis: Toshinori Kato, M.D., Ph.D
Penerbit: Qanita
Halaman: 205 halaman


Toshinori Kato telah menganalisis kurang lebih sepuluh ribu otak orang, dan dia menemukan salah satu fakta tentang otak bahwa jika kita terus melatih otak, fungsi otak  masih dapat terus berkembang.  Biasanya fungsi tubuh akan mengalami perkembangan pada usia 10 hingga 20 tahun, kemudian mengalami stagnasi ketika mencapai usia 30-40 tahun. Sama seperti sel-sel lain, sel saraf otak juga akan mengalami penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, sel-sel saraf di zona otak yang satu akan semakin terhubung dengan banyak sel saraf di zona otak yang lain. Oleh karena itu, meski sel mengalami penuaan, fungsi otak akan semakin meningkat apabila hubungan antarsel saraf di zona otak yang satu dan lainnya saling terhubung

Salah satu metode yang diciptakan oleh Toshinori dalam meningkatkan Fungsi Otak adalah dengan metode Noubanchi atau Zona Otak. Secara garis besar, otak terbagi menjadi otak kiri dan kanan dan masing-masing memiliki  60 zona otak, sehingga total zona otak adalah 120. Dan setiap zona memiliki fungsinya sendiri.  Ke 120 zona tersebut terletak di otak besar. Meskipun jumlah zona di otak kiri dan kanan sama banyak, fungsinya sama sekali berbeda.  

Ke 120 zona otak, Toshinori kemudian mengklasifikasikan sesuai fungsinya menjadi 8 jenis, seperti:

  • 1.       Zona Otak Berpikir-Zona otak yang berhubungan dengan pemikiran dan daya piker
  • 2.       Zona otak emosi-Menggambarkan perasaaan sedih, senang, marah, dll.
  • 3.       Zona otak komunikasi-berfungsi menyampaikan maksud dan tujuan melalui komunikasi
  • 4.       Zona otak pemahaman –mengelola informasi yang diterima menjadi sebuah pemahaman
  • 5.       Zona otak motorik- fungsi motorik atau gerakan semua tubuh
  • 6.       Zona otak pendengaran-mengakumulasi semua yang didengar dari telinga ke dalam otak
  • 7.       Zona otak penghlihatan-mengakumulasi semua yang dilihat dari mata ke dalam otak
  • 8.       Zona otak ingatan-berfungsi mengakumulasi semua informasi dan mengatur pemanfaatan informasi tersebut.

Di dalam buku yang bersampul merah ini, penulis memperkenalkan cara melatih 8 zona otak agar kinerja otak meningkat.  Saya tidak akan menulis semuanya disini, hanya menulis beberapa poin yang menarik dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

1.       Menuliskan tujuan hidup 1 hari dalam 20 kata (Melatih Zona Otak Berpikir)
Ketika menyusun tujuan satu hari, kita akan lebih fokus mencapai tujuan dan pikiran akan berusaha mencari cara menjalankan dan mencapai tujuan tersebut. Proses simulasi seperti itu akan mengaktifkan zona otak berpikir. Syarat maksimal 20 kata juga memiliki arti. Syarat tersebut memaksa seseorang memilih kalimat efektif dan tepat untuk diimpelementasikan dan hal tersebut membuat zona otak berpikir semakin aktif bekerja. Lakukanlah pelatihan ini pada pagi hari ,setiap harinya.

2.       Menentukan 10 Hal yang Paling Menyenangkan (Melatih Zona Otak Emosi)
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengubah perasaan dan membuang perasaan negatif adalah memikirkan hal-hal yang menyenangkan pada masa lampau. Saat merasa sedih, cobalah untuk memilih 10 kenangan terbaik pada masa lalu. hal ini dapat melatih zona otak emosi karena latihan tersebut berguna mengendalikan perasaan. Ketika mengingat kembali kejadian menyenangkan pada masa lalu, tentunya kita pun akan ingat apa yang membuat dan mengapa kita merasa senang.

3.       Membuka Komunikasi dengan Pelayan di Kedai Kopi (Melatih Zona Otak Komunikasi)
Berbicara dengan seseorang yang belum dikenal saat berada di kedai kopi atau di tempat lain dapat melatih zona otak komunikasi. Misalnya saat memesan minuman, cobalah menanyakan asal kopi tersebut atau apa yang menjadi minuman andalan di kedai itu. Saat berbicara dengan seorang yang tidak dikenal, tentu kita tidak dapat membaca reaksi, sifat, maupun karakter lawan bicara sehingga kita sama sekali tidak dapat memperkirakan kemungkinan-kemungkinan yang akan  terjadi. Nah, pada saat itu, zona otak komunikasi akan berpikir penuh. Hal semacam ini dapat melatih zona otak komunikasi dengan motede sparten (nekat atau berani).

4.       Mendengarkan Suara Alam (Melatih Zona Otak Pendengaran)
Banyak sekali suara yang terdengar di dalam kehidupan sehari-hari. Suara mobil di jalan, suara hujan turun, suara jangkrik, suara hembusan angin, kicauan burung, mungkin kita lebih banyak  mendengar suara orang lain dan sedikit sekali memiliki kesempatan untuk dapat mendengarkan suara alam. Padahal, mendengarkan suara alam dapat melatih zona otak pendengaran.


Nah, untuk lebih tahu apa saja cara melatih zona otak, silahkan baca buku ini sampai halaman terakhir, karena bahasa nya lebih mudah di pahami dan penulis menjelaskan secara detail tentang otak (menampilkan gambar zona otak), sehingga orang awam tidak akan kesulitan memahaminya, dan satu lagi yang menjadi kelebihan buku ini adalah semua cara melati zona otak adalah hal-hal yang selama ini berhubungan dengan aktivitas sehari-sehari, jadi akan lebih mudah buat pembaca setelah membaca buku ini dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat membaca OTAK IDEAL :) 

Batam, 17 Januari 2016.

About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

No comments:

Post a Comment


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate