Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

[Book Review] Show Your Work!



By  Sarni Kurniati     4/09/2016 11:53:00 PM    Labels: 

Judul: Show Your Work!: 10 Ways to Share Your Creativity and Get Discovered
Penulis: Austin Kleon
Penerbit: Noura Books
Halaman: 216 halaman
Terbitan: November 2014

Kata Edgar Allan Poe, sebagian besar penulis takut jika proses berkaryanya diketahui orang lain. Sementara itu, Pablo Picasso kerap membuat orang yang berkomunkiasi dengannya justru kehilangan energi dan motivasi berkarya. Ya, keduanya memang maestro legendaris, tapi sekarang bukan saatnya lagi berkarya ala mereka. Bukan juga zamannya mozart sang genius musik. Ini eranya kamu. Siapapun kamu, bisa berkarya!

Lalu, apa kuncinya?

Tunjukkan saja. Di zaman keterbukaan ini, semua orang punya kesempatan sama untuk menjadi hebat. Jangan sembunyikan proses kreatifitasmu. Undang orang-orang untuk melihatnya. Jangan khawatir kritik, karena itu bahan pelajaran buatmu. Ide yang menurutmu tidak menarik, siapa tahu luar biasa bagi orang lain. Lebih dari itu, karyamu juga bsia menginspirasi orang lain.

Jadi, tunggu apa lagi? Tak perlu raguatau malu. Berbagi karya membuatmu kaya!

Sinopsis di atas berhasil menyihir saya untuk memiliki buku karya penulis best seller, Austin Kleon.  

Banyak sekali quote yang saya suka dalam buku ini, yang membangkitkan semangat berkarya, terutama menerbitkan karya ke media, melalui tweet, posting di facebook, blog, tumblr, dan media lain yang menjadi perantara karyamu dan pembacanya.

"Kamu takkan menemukan suara jika tak menggunakannya. Temukan suaramu, teriakkan dari atap, dan lakukan terus sampai orang yang mencarimu menemukanmu." ~Dan Harmon. 

"Publikasikan diri dan karyamu setiap hari, kamu akan bertemu orang-orang hebat."~Bobby Salomon.
Tapi kebanyakan dari kita, tampak malu untuk menyebarkan karya ke media, takut salah, takut dibilang fanatik, atau mungkin takut kalau nanti tiba-tiba terkenal. Masalahnya, kita tidak selalu tahu mana yang bagus dan mana yang jelek. Oleh karena itu, penting untuk menunjukkan kepada orang lain dan melihat reakasi mereka. Kadang kamu tidak tahu potensi sendiri.

Kata seniman Wayne White, "Sekali-kali kamu perlu tahu pandangan orang tentang karyamu agar potensi itu muncul."

Di buku ini Kleon menekankan pentingnya menggunakan internet sebagai media untuk membagi karya kita. Buku ini bagus buat kamu agar lebih percaya diri mempublikasikan karyanya ke media.

Selamat berkarya, selamat berbagi!

About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

No comments:

Post a Comment


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate