Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Tips Memilih Kosan Yang Aman dan Nyaman



By  Sarni Kurniati     4/16/2016 02:48:00 AM    Labels: 
Dua minggu yang lalu saya resmi menjadi anak kosan, karena selama  3,5 tahun kuliah di Batam saya memilih tinggal di Asrama kampus dengan pertimbangan saat itu pertama kalinya menjadi anak rantau dan tentu perlu pengawasan, karena siapa yang menjamin bahwa kita bisa mengontrol diri dari pergaulan yang katanya "bebas" di pulau batam ini.  Menjadi anak kosan dan anak asrama tentu berbeda, selama tinggal di asrama saya harus menaati banyak peraturan, mulai dari berpakaian yang sopan, batas keluar asrama jam 6 pagi hingga jam 6 petang, dua minggu sekali gotong royong, dan setiap hari piket sesuai jadwal, tidur sekamar berempat, kadang ngantri toilet, tidak boleh menonton tv dimalam hari kecuali malam sabtu dan minggu, dan peraturan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Tapi, jujur, saya merindukan semuanya sejak menjadi anak kosan, di asrama semua serba ada, mulai dari minjam sendok, sampai nebeng makan di kamar sebelah, plus tersedia Wifi dan listrik yang tidak pernah mati lebih dari sepuluh menit. Pokoknya, tinggal di asrama itu menyenangkan. Hahaha

Berhubung asrama jauh dari rumah sakit tempat saya magang, akhirnya saya memutuskan untuk menjadi anak kos. Selama tiga hari, saya dan seorang teman mengelilingi kompleks perumahan yang dekat dengan RS. Ternyata memilih tempat tinggal yang nyaman dan aman tidak mudah. Nah, berdasarkan pengalaman saya dari satu kosan ke kosan yang lain, tips berikut ini bisa menjadi acuan bagi kamu untuk memilih kosan yang nyaman dan aman. 

1. Pilihlah  kosan yang ditempati oleh pemiliknya. Untuk alasan keamanan, dengan adanya Ibu kos setidaknya kosan tidak pernah kosong, sehingga si panjang tangan akan berpikir tujuh keliling untuk membobol kosan, dan satu hal lagi kalau terjadi sesuatu, ibu kos akan siap membantu #bapak kos juga :) seperti kosan yang saya tempati, kamar kami berada di lantai dua.

2. Pilihlah kosan yang lokasinya stategis, dekat dengan tempat kerja/kampus, akses transportasi angkot mudah, yang terpenting tidak boleh jauh dari minimarket dan warung makan, hehehe you know lah...

3. Fasilitas dan Harga terjangkau. Hampir seluruh kosan di sini tidak menyediakan lemari, kasur, meja, apalagi kursi. Kosan yang saya tempati budget perbulannya 400rb, termasuklah tv kabel, uang listrik dan air, kamarnya lumayan luas meskipun rada panas, karena kalau pakai AC uang kosan naik, jadi tak ape lah kosan kayak sauna hehe, meskipun kamar mandinya di luar sejauh ini gak ada maasalah. Sebenarnya lebih baik kalau kamar mandinya di dalam kamar.

4. Lihat lingkungan kosan, kalian tentu sudah tahu bahwa Batam adalah pulau industri, yang penduduknya 98 % adalah pekerja PT, dan hampir seluruh kosan yang kami survey ditempati oleh para pekerja. Kalau kamu mahasiswa usahakan teman kosan juga dari kalangan mahasiswa. Kosan yang saya tempati sebelum kedatangan kami adalah karyawan di RS tempat kami magang, karena itulah salah satu alasan kami memilih kosan ini.

5. Cari kosan yang berpagar. Hampir seluruh kosan di sekitar RS tidak berpagar, nah pertama kali yang menjadi pertimbangan memilih kos adalah garasi yang berpagar, agar barang pribadi lebih terlindungi terutama kalau kamu memiliki kendaraan pribadi.


Tips diatas berdasarkan pengalaman saya dalam mencari kosan yang nyaman dan aman, tapi kenyamanan itu tergantung dari kalian, yang penting adalah kalian nyaman dengan kamarnya dan lingkungannya.




 



About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

8 comments:

  1. keren ... terima kasih tips tips nya mbak

    ReplyDelete
  2. kembali kasih, Mas Reza :) barangkali ada adik atau saudara yg nyari kosan, semoga tips nya bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Sarni kuliah di mana kmrn? Uniba kah?

    ReplyDelete
  4. wah mbak pernah tinggal di batam.sekarang tinggal dimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih di batam kok, di batu aji :)

      Delete


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate