Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Menjadi Sehat Seutuhnya



By  Sarni Kurniati     5/04/2016 05:22:00 PM    Labels:, 
Pengertian Sehat secara luas merupakan suatu keadaan yang dinamis dimana individu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan internal (psikologis, intelektual, spiritual, dan penyakit) dan eksternal (lingkungan fisik, sosial, dan ekonomi) dalam mempertahankan ksehatannya.

Menurut WHO, Kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”.

Jadi, tubuh yang sehat bukan hanya bebas dari penyakit organ melainkan juga bebas dari penyakit pikiran (mental). 

Selama 5 minggu menjalani koas di Poliklinik Jiwa RSUD Embung Fatimah Batam, mengajarkan banyak hal yang selama ini tak pernah terlihat-bagi seorang yang normal, tapi hanya bisa dilihat bagi pasien gangguan jiwa. Dan Ternyata semua manusia mempunyai "peluang" jiwanya sakit. 

Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental, diantaranya, garis keturunan, penyalahgunaan zat adiktif (Ganja, Amfetamin, Kokain, Alkohol, dll), bahkan obat penenang (Golongan Benzodiazepin dan Barbiturat) jika dikonsumsi rutin dengan dosis tidak lazim (tanpa resep dokter) dapat menimbulkan gejala psikotik. Selain itu, sesuatu yang membuat semua orang ketagihan adalah gadget. Hampir semua manusia dibelahan bumi tidak pernah terlepas dari gadget. Seorang pasien datang dengan keluhan menjadi cemas berlebihan, keringat dingin, tremor karena dalam satu jam tidak memainkan games (hay day). Begitu tersiksanya hidup seperti ini. Bukan lagi kita yang memainkan gadget, melainkan kita dipermainkan benda tak bernyawa ini bahkan dijadikan budak.

Ada satu hal lagi yang menjadi pendukung (faktor pencetus) seorang mengalami gangguan mental, yaitu Stressor Psikososial. Stressor Psikososial adalah  keadaan atau peristiwa yang merubah kehidupan seseorang sehingga ia harus beradaptasi dan menanggulangi masalah tersebut.  Contoh stressor psikososial, masalah pekerjaan, pernikahan, konflik dengan keluarga, teman dekat, atasan, bawahan,  perubahan ekonomi, dll. 

Sayangnya, tidak semua manusia memiliki kemampuan beradaptasi dan menanggulangi setiap masalah yang dihadapi. Karena itu mereka menjadi stres hingga depresi yang berujung timbul keinginan mengakhiri hidupnya. 

Allah memberikan masalah sesuai kemampuan hambanya, tapi manusialah yang menentukan bagaimana ia harus bertindak. Maka benarlah, bahwa Sabar, Ikhlas, dan Tawakal adalah kunci beradaptasi dan menanggulangi setiap masalah yang dihadapi. Jika ketiga komponen itu sudah mendarah daging dalam raga dan jiwa, kita akan menjadi sehat seutuhnya.  InsyaAllah... 

Semoga Allah melindungi kita dari segala penyakit, terutama penyakit jiwa. 

Mari berpikir sehat untuk jiwa yang sehat :)  

Salam Sehat Koas Jiwa,

Sarni Kurniati, S. Ked

About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

4 comments:

  1. Aku mental sih insyaallah sehat. Fisiknya ini lho yg... Asudahlah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Babang harus semangaaatt!! Kami selalu berdoa buat kesembuhan abg

      Delete
  2. oh iya, Salah satu penybab gangguan mental bisa jg krena penyakit organik. Banyak pasien di RS depresi krena memikirkan penyakitnya. Tapi kalo bg Iqbal mah anti mengeluh, Semangattt sembuh bg Iqbal :) #

    ReplyDelete
  3. Semoga ALLAH melindungi kita dari berbagai macam penyakit, aamiin ^-^

    ReplyDelete


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate