Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Yang Unik Dan Menarik Dari Tasik



By  Sarni Kurniati     5/13/2016 10:17:00 PM    Labels: 
Kota Tasikmalaya atau yang lebih sering disingkat Tasik adalah sebuah kotamadya di Provinsi Jawa Barat yang merupakan pengembangan dari Kabupaten Tasikmalaya. Berbagai nama disematkan pada kota kecil di Jawa Barat ini seperti Kota Resik yang menjadi slogan bagi kota ini. Sang Mutiara dari Priangan Timur yang jadi sebutan lain kota ini karena perkembangan kemajuan perekonomian yang pesat di wilayah Priangan Timur. Serta Kota Santri khususnya di era tahun 1980an karena di sini terdapat banyak pondok pesantren, baik besar maupun kecil.

Kota Tasikmalaya diprediksi menjadi kota terbesar kedua di Jawa Barat setelah Kota Bandung karena dekatnya kota ini dengan ibukota provinsi sehingga menjadikannya sebagai salah satu kota terpenting di bidang ekonomi maupun pariwisata. Untuk pariwisata, Tasikmalaya mempunyai potensi pariwisata yang beragam dengan diiringi perkembangan akomodasi untuk memberi kenyamanan bagi wisatawan berupa hotel berbintang yang ada di pusat kota. Hotel berbintang saat ini dapat dengan mudah dipesan melalui aplikasi Traveloka. Bagi para pecinta backpaker hotel melati atau wisma yang ramah di kantong dapat menjadi pilihan saat berkunjung di Tasikmalaya.

Potensi wisata Tasikmalaya tidak hanya berupa wisata alam yang diciptakan Tuhan, namun juga banyak situs atau cagar budaya yang menunjukkan ketinggian budaya Sunda di Tasik yang bisa anda  kunjungi. Selain itu, wisata seni yang tetap terjaga menjadi kekhasan tersendiri untuk anda saksikan di kota ini. Mulai dari seni angklung, wayang, kecapi, gamelan yang akan memperkaya khasanah budaya anda tentang seni budaya Sunda.  Beberapa hal di bawah ini merupakan ikon dari kota yang terkenal dengan bordir khas Tasik yang wajib untuk anda kunjungi sebagai tanda anda telah mengunjungi kota Tasik.

1.     Nasi Tutug Oncom
Kuliner khas Tasik yang telah menjadi milik Nusantara adalah Nasi Tutug Oncom atau yang sering disebut Nasi T.O. Pembuatan nasi tutug oncom sangat sederhana, hanya mencampurkan nasi hangat dengan oncom yang telah dihancurkan.

Nasi tutug oncom adalah bukti sejarah kesulitan rakyat Indonesia di masa penjajahan sehingga menjadikan oncom bermanfaat untuk bisa dimakan dengan cara dicampur dengan nasi agar memberi aroma pada nasi karena saat itu bisa memakan nasi adalah sebuah hal yang mewah. Tanpa lauk pun nasi tutug oncom terasa gurih dan nikmat. Bahkan kini dibuat varian nasi bakar tutug oncom yang makin nikmat karena aroma dari daun pisang yang dibakar.

Kini nasi tutug oncom tidak hanya menjadi makanan kelas bawah namun telah dikemas cantik dan dihidangkan sebagai menu di restoran dan hotel berbintang. Nasi tutug oncom disajikan hangat dengan lauk ayam goreng atau bakar, ikan asin, lalapan dan sambal terasi. Bagi anda yang ingin mencicipi nasi tutug oncom dapat mengunjungi warung tutug oncom Bu Tini yang berada di Jl. Ikik Wiradikarta yang sangat nikmat dengan cocolan sambal Goang khas Tasikmalaya.
 
Photoright: carimakanbdg.wordpress.com


2.       Kampung Naga
Kampung Naga adalah sebuah perkampungan yang terletak di lembah yang subur yang dibatasi oleh sawah, hutan dan sungai Ciwulan yang bersumber dari Gunung Cikuray. Kampung ini berada 30 km dari kota Tasikmalaya dan terletak dekat dengan jalan utama yang menghubungkan kota Garut dan Tasikmalaya.

Kampung Naga yang terletak di Desa Neglasari, kecamatan Salawu kabupaten Tasikmalaya merupakan sebuah kampung yang tetap menjaga kearifan lokalnya dengan penduduk kampung seluruhnya beragama Islam. Di kampung ini berlaku ajaran Karuhun Kampung Naga sehingga segala sesuatu yang tidak berasal dari Karuhun dianggap tabu dan akan menimbulkan malapetaka.

Selain adat istiadatnya, keunikan dari kampung ini adalah bentuk rumah yang berbentuk panggung, dengan bahan bambu dan kayu serta beratap daun nipah, alang-alang atau ijuk. Rumah-rumah tersebut harus menghadap ke arah selatan atau utara dengan bentuk rumah memanjang ke arah barat – timur. Dinding rumah terbuat dari anyaman bambu yang tidak boleh dicat serta tidak adanya listrik di kampung ini menambah kesan alami yang sangat kuat dari Kampung Naga. 
Photoright: pinterest.com

3.     Rajapolah
Rajapolah adalah sebuah kecamatan di Tasikmalaya yang terkenal sebagai pusat indurstri rumahan berupa anyaman dan kompor. Dengan lokasi yang hanya  berjarak 12 km dari pusat kota Tasikmalaya menjadikan kawasan ini selalu dikunjungi wisatawan untuk mencari oleh-oleh. Dengan semakin berkembangnya pariwisata di Tasikmalaya membuat industri kerajinan Rajapolah lebih kreatif. Berbagai produk suvenir anyaman dan aksesoris unik bisa anda dapatkan di sini mulai dari tas, dompet, miniatur becak, miniatur mobil, gelang dan masih banyak lainnya yang terbuat dari mendong, bambu, pandan dan eceng gondok.

Selain kerajinan anyaman, Rajapolah juga menyediakan kerajinan yang juga menjadi ciri khas dari kota Tasik yaitu kelom, payung Geulis dan aneka bordir Tasik yang telah dikenal di seluruh Indonesia. 


Photoright: teruskan.com

4.     Menara Eiffel ala Tasik
Menara Eiffel yang berada di Paris sebelumnya pernah ada di kota Tasik dalam bentuk replika setinggi 50 meter pada tahun 1898 yang bertujuan untuk memeriahkan pengukuhan seorang Ratu Belanda. Namun menara itu telah hancur dimakan usia.

Muhajir, yang menjadi penggagas pembuat menara bambu Eiffel berkisah bahwa pembuatan menara bambu Eiffel dimaksudkan sebagai lambang pintu masuk pada even Tasik Motekart yang diselenggarakan pada tahun 2015 lalu yang bertempat di Gedong Bupati kecamatan Singaparna, kabupaten Tasikmalaya.
Replika yang terbuat dari bambu sebagai bentuk kearifan lokal bahwa Tasikmalaya sebagai kota sentra industri kerajinan ini mempunyai tinggi 35 meter dan menghabiskan 1.000 batang bambu.
Menara yang dibangun di atas sungai, dan jalanan ini menjadi sebuah pintu gerbang bagi warga yang hendak ke Gedung Kabupaten Tasikmalaya juga area foto bagi warga dan wisatawan yang ingin mengabadikan keunikan menara bambu Eiffel Ala Tasik. 

Photoright: tasikeksis.blogspot.com

About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

2 comments:

  1. wah boleh juga kayaknya prospek nih klau di batam jualan ini hehehheeheh
    jangan sungkan berkunjung di rumah ku ya :)
    http://www.kitabersatu.com/

    ReplyDelete
  2. keren menara eifelnya..indonesia mmg indah ya

    ReplyDelete


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate