Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Kenali Tipe Kepribadianmu



By  Sarni Kurniati     8/23/2017 07:53:00 PM    Labels:,, 

Mengenal diri sendiri sebelum orang lain, akan lebih memudahkan dirimu dalam beradaptasi.

Tes kepribadian ini tidak menjadi mutlak bahwa inilah kepribadian kamu, tipe kepribadian yang kamu miliki sebenarnya hanya kamu sendiri yang tahu, dan situs ini membantu kamu mengetahuinya lebih dalam. Sebenarnya ada banyak tipe kepribadian dan tesnya, hanya saja saya lebih mudah memahami tipe kepribadian dari MBTI. Saya juga pernah tes kepribadian selain dari MBTI, pernah mengulas hasilnya disini (klik) ternyata hasilnya kurang lebih sama.

Awal mula mengetahui tes kepribadian ini dari situs seorang penulis yang rutin saya kunjungi, situsnya mas Fahd Pahdepi. Yup, sekitar tahun pertama kuliah saya baru mengetahui bahwa diri saya seorang Introvert. Seorang introvert yang cenderung pendiam dan lebih suka berinteraksi beberapa orang daripada banyak orang. Analoginya seperti saya menyukai sepi dari pada ramai, saya lebih suka pergi sendiri daripada beramai-ramai, pokoknya semua yang dilakukan itu lebih suka sendiri dan tidak melibatkan banyak orang. 

Apa kalian merasakan demikian? itu berarti bahwa kamu seorang introvert.

Awalnya saya berpikir-sebelum menemukan situs ini-seorang introvert itu harus diwaspadai, waktu jaman sekolah saya hanya mendengar kata itu sekilas, dan gambaran saya pada waktu itu bahwa menjadi introvert itu nggak menyenangkan (belum tahu kalau ternyata saya sendiri seorang introvert hehe) , karena dia asyik dengan dunianya sendiri, cuek/apatis, gak peduli dengan kehidupan orang lain. Setelah masuk kuliah, dan mulai baca buku pengembangan diri/psikolog (maklum mantan calon mahasiswa psikolog yang beralih jadi mahasiswa kedokteran) ternyata menjadi introvert itu gak semonoton itu hidupnya, gak secuek yang saya pikir, meskipun beberapa ada yang memang cuek, tapi ada juga yang bisa menyeimbangkan dirinya sekalipun dia punya kepribadian introvert. Saya mengakui kalau selama sekolah memang gak punya teman dekat, sampai sekarang sih gitu juga, istilah gaulnya gak punya geng nongkrong heheh, karena saya merasa bisa melakukan semuanya sendiri, bisa senang-senang dan jalan-jalan sendiri, tapi saya punya banyak teman, yah teman kalau ada butuh baru muncul, gak semuany sih. Nah, setelah masuk kuliah, dan mulai baca buku, serta coba-coba tes kepribadian, ternyata ada kok seorang introvert yang memanfaatkan kepribadiannya bukan hanya untuk dirinya, contohnya JK Rowling, siapa sih yang gak tahu penulis kelas dunia, kalau kalian gak tahu wah sepertinya kamu yang introvert ahhaha, kalau Harry Potter pasti pada tahu kan? Nah, JK Rowling ini penulis buku Harry Potter yang terkenal novel fiksi best seller di dunia. JK. Rowling memanfaatkan kepribadian introvert nya untuk menulis buku, Nah satu lagi tokoh dunia C.S Lewis adalah penulis dan pakar sastra dari Inggris, dia adalah penulis buku fantasi anak, bukunya yang mendunia berjudul The Chronicles Of Narnia, kalau kamu suka baca buku fantasi pasti kamu mengenal kedua penulis ini. Yup, dan mereka adalah seorang Introvert. Hmm, apa iya seorang introvert itu cocoknya jadi penulis ya? Karena saya juga menyukai dunia buku dan literasi, dan sudah menulis 17 buku antologi, semoga kelak karya saya bisa mendunia juga seperti mereka. Doakan ya... 

Nah, satu hal yang paling saya rasakan menjadi introvert adalah saya menyadari bahwa, ada saat dimana saya harus cuek dan saat saya bisa berempati pada satu hal. Selama berada di bangku kuliah, ternyata semakin kesini semakin membentuk pola pikir saya, sedikit demi sedikit merubah mindset saya tentang lingkungan, tentang kapan saya peduli dan kapan saya harus cuek (gak kepo). Jadi, sebenarnya apapun tipe kepribadian kamu, baik introvert ataupun ekstrovert semua kembali kepada bagaimana kamu bisa survive dengan kondisimu sendiri, karena kita memiliki ruang pribadi yang tentu tidak ingin orang lain tahu, seorang ektrovert juga memiliki sisi dalam dirinya introvert yang tidak ingin diketahui orang lain, atau ada saat dimana dia ingin sendiri. Begitu juga introvert, dia memiliki sisi dalam dirinya ingin berinteraksi banyak orang, seperti mengikuti kegiatan sosial, karena saya menyadarinya sekarang, saya seorang introvert, ada saat dimana saya butuh "me time" saya hanya ingin sendiri dan cuek dengan apapun yang orang bilang tentang saya, di sisi lain saya juga aktif di kegiatan sosial, semasa kuliah aktif mengikuti organisasi di dalam maupun di luar kampus, meskipun kesibukan menjadi mahasiswa kedokteran, itu tidak menghalangi saya untuk mengetahui lebih dari apa yang saya dapat di bangku kedokteran. 

Menurut para psikolog, tipe kepribadian bukan hanya Introvert dan Ekstrovert, tapi ada juga Ambivert. Seseorang dengan tipe kepribadian ambivert adalah mereka yang memiliki ciri-ciri ekstrovert dan introvert. Mereka yang tergolong ambivert disebut-sebut lebih baik dalam memahami emosi orang lain karena gabungan sifat terbuka dan tertutup tadi.

Tapi entah kenapa saya merasa cenderung ke Introvert. Hehe,

Menjadi introvert menyadarkan bahwa saya tidak diciptakan untuk hidup sendiri. 
Menjadi introvert menyadarkan kapan saya harus cuek dan kapan saya peduli, karena hidup itu harus seimbang, selain peduli pada orang lain, kamu juga harus peduli pada dirimu sendiri.

Nah, berikut sekilas tentang Introvert menurut MBTI, kalau kamu mau tes kepribadian bisa googling dengn keyword Tes Kepribadian MBTI Bahasa Indonesia.

Ini adalah hasil tes kepribadian saya, gak semuanya benar sih tapi ini menjadi bahan koreksian untuk saya pribadi. hehe

INFP (Introversion, Intuition, Feeling, Perception) adalah singkatan yang digunakan untuk menyebut salah satu dari 16 Jenis Kepribadian yang dikategorikan dalam Intrumen Tes Kepribadian MBTI (Myers-Birggs Type Indicator). Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan INFP kedalam Temperamen Idealist , diperkirakan populasi INFP didunia yakni antara 4–5% dari populasi dunia.

Menurut Keirsey Temperament Sorter, Idealists merupakan jenis pribadi abstrak dan penyayang. Mencari arti dan makna, mereka peduli dengan pertumbuhan pribadi dan menemukan identitas unik mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah diplomasi. Mereka unggul dalam mengklarifikasi, individualistis, pemersatu, dan inspirasi.
Dimensi MBTI dalam Kepribadian INFP
  • I – Introversion: cenderung tenang dan pendiam. Mereka umumnya lebih suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan memilih dengan banyak orang, dan mereka mengeluarkan energi dalam situasi sosial, dan memperoleh energi saat menyendiri.
  • N – Intuition: cenderung lebih abstrak. Mereka fokus pada gambaran besar daripada detail, dan kemungkinan masa depan daripada realitas yang ada.
  • F – Feeling: cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Umumnya mereka sering lebih mengutamakan implikasi sosial daripada logika.
  • P – Perception: Cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan, lebih memilih untuk “menjaga pilihan mereka tetap terbuka” sehingga dapat berubah sesuai kondisi.
Ciri-Ciri Umum INFP
Para INFP umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Sangat memegang prinsip.
  • Hangat, tertarik pada hubungan dengan orang lain.
  • Berorientasi pada pelayanan, biasanya menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri.
  • Loyal dan biasanya mengabdikan diri untuk orang lain.
  • Berorientasi ke masa depan.
  • Berorientasi pada pertumbuhan; selalu ingin berkembang ke arah yang positif.
  • Kreatif dan inspiratif.
  • Fleksibel dan santai, kecuali prinsip mereka dilanggar.
  • Sensitif dan kompleks
  • Tidak suka berurusan dengan rincian dan rutinitas kerja.
  • Original dan individualistis; “Keluar dari zona mainstream”
  • Kemampuan komunikasi tertulis yang baik.
  • Lebih suka bekerja sendiri, dan mungkin memiliki masalah dalam bekerja pada tim.
  • Menghargai kedalaman dan keautentikan hubungan.
  • Ingin dilihat dan dihargai karena siapa mereka.
Dibawah ini adalah beberapa karier yang disarankan bagi para INFP, ini bukan daftar secara keseluruhan jadi anda tetap dapat memilih berbagai pekerjaan lain yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadian anda. Dan tentu saja ini hanya berupa saran yang tidak menjamin sepenuhnya bahwa memilih pekerjaan diantara apa yang kami sajikan akan membawa anda pada karier terbaik, karena terdapat berbagai faktor lain yang mungkin akan berpengaruh terhadap keberhasilan anda (seperti kerja keras, sikap real anda, keadaan tempat pekerjaan anda, dan yang lainnya)
  • Penulis
  • Penasihat / Pekerja Sosial
  • Guru/Profesor
  • Psikolog
  • Psikiater
  • Pekerja Keagamaan

 sumber: http://www.si-pedia.com/2013/12/tipe-kepribadian-infp.html


Saya juga pernah tes kepribadian dengan DMI (Dermathology Multiple Intelligence), tes ini dilaksanakan waktu saya mengikuti bimbel di Primagama, weh saya anak primagama, kamu anak sebelah ya? haha. Gak semua siswa diwajibkan, tapi karena waktu  itu merasa butuh petunjuk jadilah awak ikut tes ini kan, ujungnya-ujung bapak gak percaya dengan hasilnya, hehehe, tapi setelah dibaca hasilnya dalam bundelan buku gitu sekitar duabelas halaman, ada yang sesuai ada juga yang gak sesuai. Tes ini belum banyak yang tahu, dan sekarang ada mahasiswa indon di Jerman sedang melakukan penelitian dan pengembangan tentang tes DMI ini, semoga sukses penelitiannya kakak. :)

Jadi DMI ini adalah tes untuk mengetahui bakat dan potensi kita melalui sidik jari. Multiple Intelligence itu terdiri dari AQ (Aversity Quotient: Bodly Kinaesthetic Natulalist), CQ (Daya Cipta Quotient-Visual Spatial Musical), IQ (Inttelligence Quotient-Logical Mathematics Linguistic), dan EQ (Emotional Quotient-Intrapersonal Interpersonal).

Nah, dari hasil tes DMI ternyata yang paling menonjol dari diri saya dalah EQ (Emotional Quotient) dilihat dari distribusi kecerdasan majemuk, komponen Intrapersonal dan Interpersonal memiliki presentasi yang tinggi dibanding komponen yang lain.

Waktu itu cuma ngeliat satu hal doank, saya cocok gak ya jadi dokter, hahaah, ternyata dipilihan karir, cocoknya jadi psikolog atau psikiater. 


------------------------------------

Sekian dulu ya sharing tentang Tipe Kepribadian, tentu semua tes ini hanya sebagai alat untuk mengetahui kepribadian kita seperti apa, tidak menjadi patokan bahwa seorang introvert pasti hidupnya monoton, dan ekstrovert pasti hidupnya menarik, semuanya kembali pada pemahaman atas diri kita masing-masing, karena proses pendidikan, lingkungan, dan pengalaman yang kita miliki.  


 

About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

No comments:

Post a Comment


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate