Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

Menemukan Diri



By  Sarni Kurniati     8/03/2017 03:55:00 PM    Labels:, 
Agustus adalah bulan yang menyimpan banyak sejarah dalam hidup saya. Sampai detik ini, setiap tahunnya Agustus akan menjadi bulan bagi saya menemukan diri, semacam mengevaluasi yang selama ini telah dicapai dan yang masih tertinggal.

Bertahun-tahun telah berlalu. Upaya menemukan diri dengan menelisik jauh ke dalam diri selalu saya lakukan setiap saat, tapi Agustus memiliki kekuatan tersendiri bagi saya. Sesuatu hal yang akan terus menarik diri saya untuk menyelaminya. Sebuah keputusan, untuk langkah besar, meninggalkan dan melepaskan. Keputusan melangkah pada tahun itu, yang selalu saya evaluasi sejauh mana langkah ini telah bermanfaat untuk banyak orang.  Saya melakukannya setiap tahun pada bulan Agustus.  Mengupgrade diri, mengembangkan kapasitas diri, dan memperkaya pikiran dengan mendidiknya melalui buku-buku yang saya baca selama ini. 

Saya mengakui satu hal, bahwa Membaca BUKU telah merubah hidup saya. Terutama pandangan terhadap apa yang menjadi tujuan saya selama ini diciptakan. Saya dilahirkan bukan hanya beribadah kepada Allah, tapi lebih dari itu, segala yang masuk dan keluar dari setiap ruas tubuh ini akan dipertanggungjawabkan di Akhirat. Habluminallah, Habluminannas. Dua hal ini  terus menjadi target menuju pribadi yang baik untuk makhluk Langit dan makhluk bumi. Menuju kesana berarti harus bersiap dengan segala Ujian, dan setiap levelnya akan diuji dengan setan yang lebih kuat. Semakin menanjak, tangga yang dipijaki akan semakin licin, angin semakin kencang, dan saat itu kita hanya punya satu mantra, Allah ‘azza wa jalla, yang berkuasa diatas segalanya. Tapi terkadang saya merasa tidak yakin, karena saya lebih mengharapkan balasan dari manusia daripada balasan dari Allah, saya lebih yakin pada manusia daripada sama Allah SWT. Saya merasa janji manusia lebih tepat dari janji-Nya.

Kita meyakini bahwa Allah itu ada, tapi kita tidak menghadirkan Dia dalam hidup kita, tidak pada setiap nafas berhembus. Mungkin pernah, tapi sesekali, lalu kita lupa lagi. Terlena dengan segala nikmat yang Allah berikan, padahal mudah baginya dalam hitungan detik mengambil semua miliknya yang ada pada diri kita. Nikmat sehat, melihat pemandangan indah, mendengar melodi, menggenggam tangan orang-orang terkasih, berjalan beriringan, merasakan manis dan segarnya jus, bernafas lega, segalanya masih utuh dalam diri kita sampai Allah mencabutnya satu persatu.

“Fabiayyi’aalaa‘irobbikuma tukadziban”(QS. Ar-Rahman:55)

Maka nikmat Allah yang mana lagi kah yang kamu dustakan?

Allah Yang Maha Baik, telah menempatkan diri saya pada jalan yang selama ini saya impikan juga diimpakan banyak orang. Jika bukan karena Maha Kuasa-Nya, langkah saya tidak akan menghiasi koridor Rumah sakit ini, bertemu dengan mereka yang menitipkan harapan kesembuhannya pada kami. Semoga kelak tangan-tangan kami bisa berbuat lebih banyak lagi kebaikan.
Allah Yang Maha Kaya, telah menurunkan rezeki kepada Bapak dan Emak, dengan biaya kuliah begitu banyak sehingga saya bisa menuntut ilmu demi kebermanfaatan banyak orang. Mencari Biaya  yang tidak sedikit telah menyita seluruh hidup dan pikiran mereka demi masa depan anak-anaknya. Alhamdulillah ‘alaa kulli haal, Allah memampukan apa yang selama ini tidak mampu kami lakukan. Allah menguatkan hati dan langkah ini ditengah pelik kehidupan yang datang bergantian. Terimakasih, Ya Rabbi. Maafkan, kami yang terlalu sibuk bahkan menyebut namamu lidah kami terasa kaku, tapi Engkau tidak henti-hentinya memberikan apa-apa yang menjadi kebutuhan kami. Engkau cukupkan kami dalam mengarungi samudera kehidupan. Maafkan kami yang pernah kecewa dengan ketetapan-Mu karena ketidakmampuan kami memahami tanda kasih-Mu.

“Ya Allah, jadikanlah kami manusia yang pandai mensyukuri nikmat-Mu. Limpahkanlah kepada kami rasa syukur sebanyak nikmat yang Engkau berikan.”

Alhamdulillah ‘alaa kulli hal.
------
 Batam, 3 Agustus 2017
Perempuan Pembelajar.






About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

No comments:

Post a Comment


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate