Catatan Harian Sakura

Karena dengan menulis, segala bentuk kebaikan tidak akan berhenti di depan matamu
Follow Me

The Geography Of Bliss, Si Penggerutu Mencari Kebahagiaan.



By  Sarni Kurniati     1/24/2018 09:20:00 PM    Labels:, 
“Kebahagiaan terletak jauh di dalam diri. Jika kita tak bahagia, maka kita tak cukup dalam menggali. Menurut Eric pendapat diatas tidak seluruhnya tepat, karena baginya “Kebahagiaan tak hanya berada dalam diri kita, tetapi di luar sana. Atau, lebih tepatnya, garis antara di luar sana dan di dalam sini tidaklah ditentukan setegas seperti yang kita kira” (hal.17). 

 Eric weiner mencoba mencari makna kebahagian dengan melakukan petualangan ke berbagai negara, Belanda, Swiss, Qatar, Bhutan, Islandia, Moldova, Thailand, India, Britania Raya, Amerika. Sebuah catatan perjalanan menemukan makna kebahagiaan pada tiap negara yang dikunjunginya, dituturkan dengan santai, kocak, dan konyol. Buku ini lumayan tebal, dan beberapa percakapan yang menurut saya tidak penting sehingga beberapa halaman saya lewatkan. Hal yg saya sukai dari buku ini adalah sudut pandang sains orang barat  tentang kebahagiaan dari setiap kota yang dikunjungi oleh Eric dengan menghadirkan riset ilmiah psikologi, neurologi, dan kutipan filosofi dari berbagai tokoh. Belanda merupakan titik awal perjalanan Eric. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam list perjalanan Eric,Kira-kira kebahagiaan negara Indonesia seperti apa ya? 

Setelah berkelana ke berbagai negara, Eric menemukan arti kebahagiaan dari setiap negara yang tersirat dalam judul bab buku ini.

Belanda: Kebahagiaan adalah angka
Swiss: Kebahagiaan adalah kebosanan
Bhutan: Kebahagiaan adalah kebijakan
Qatar: Kebahagiaan adalah menang lotre
Islandia: Kebahagiaan adalah kegagalan
Moldova: Kebahagiaan adalah berada di suatu tempat lain
Thailand: Kebahagiaan adalah tidak berpikir
Britania Raya: Kebahagiaan adalah karya yang sedang berlangsung
India: Kebahagiaan adalah kontradiksi
Amerika: Kebahagiaan adalah rumah. 



"Semua negara yang menderita mirip satu sama lain; negara-negara yang bahagia merasakan kebahagiaan dengan caranya sendiri-sendiri." hal 485 _

 

dok.pribadi

About Sarni Kurniati

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Maecenas euismod diam at commodo sagittis. Nam id molestie velit. Nunc id nisl tristique, dapibus tellus quis, dictum metus. Pellentesque id imperdiet est.

4 comments:

  1. unik ya qatar; kebahagian adalah menang lotre, sepertinya bahagia jika tiba dapat bensin

    ReplyDelete
  2. haha, lucu-lucu tuh arti kebahagiaan menurut beda-beda negara :)) Aku setuju yang Amerika, tapi itu berlaku buat yang rumahnya di isi orang-orang yang di sayang sih

    ReplyDelete
  3. ukuran kebahagian itu dirasa sukur dan tiap orang , suku atau bangsa punya caranya sendiri2

    ReplyDelete
  4. kira-kira apa kebahagiaan Indonesia kalo misalnya eric dateng?

    ReplyDelete


Krim Pesan

Name

Email *

Message *

Translate

.

IBX5A8FCDBFEF8FC